Skip to content

Gempa dan Tsunami

mencari sudut pandang lain

Umat Hindu India

Umat hindu percaya bahwa delapan gajah raksasa menusung daratan. Jikaa kelelahan, gajah-gajah tersebut akan merendahkan kepala dan menggeleng-gelengkan kepalanya hingga menyebabkan gempa bumi.

Kamchatka, Siberia, Rusia

Dewa bernama Tuli mengendarai seluncur bermuatan daratan. Seluncur ini ditarik oleh anjing-anjing berkutu. Ketika anjing berhenti untuk menggaruk, maka bumi berguncang.

Bangsa Mongol, Cina

Kodok raksasa yang menggendong bumi di punggungnya menggeliat secara periodik, maka menghasilkan gempa-gempa kecil.

Peru

Setiap kali dewa mereka mengunjungi bumi untuk menghitung banyak orang yang ada di sana langkah kakinya menyebabkan gempa. Untuk menyingkat tugasnya, orang-orang keluar rumah dan berteriak “Saya di sini, saya di sini”. Berkaitan dengan mitos ini bangsa Peru menjalankan kebiasaan meninggalkan rumah mereka selama gempa.

Jepang

Ikan lele raksasa hidup di lumpur di bawah bumi. ikan lele suka bergurau dan hanya bisa ditaklukkan oleh Kashima, dewa yang melindungi bangsa Jepang dari gempa bumi. Selama Kashima menyimpan batu ajaib dengan kekuatan sihir terhadap ikan lele, maka bumi akan tetap diam. Namun jika penjaganya agak kendor, ikan lele pun berulah hingga menyebabkan gempa bumi.

Suku Jawa, Indonesia

Naga yang bernama Antaboga hidup di bawah muka bumi. Setiap kali naga bergerak menyebabkan gempa.

masih diambil dari majalah angkasa 2005

untuk kali ini mungkin cukup sekian dahulu, jika ada artikel yang menarik akan di posting lain kali. jangan lupa tinggalkan komentar agar dapat sebagai bahan perbaikan.

Tag:, , , ,

%d blogger menyukai ini: