Skip to content

Gempa dan Tsunami

mencari sudut pandang lain

Teori keterkaitan antara gempa dan tsunami pertama kali muncul saat hutan di pesisir Washington ditenggelamkan air laut. Peristiwa tersebut bersamaan dengan terjadinya tsunami di Jepang. Para ilmuwan berteori bahwa gempa berkekuatan tinggi di Pacifik kemungkinan besar memicu dua peristiwa tersebut.

Tetapi jauh sebelum kejadian tersebut, orang pada jaman berabad-abad yang lalu telah mencoba menerka-nerka tengtang gejala tersebut. Mungkin kalo kita baca sekarang bisa membuat kita tertawa, tapi itulah fakta yang terjadi pada jaman dahulu.

Bangsa Meksiko, Vaqueros, CAlifornia

El Diablo, dewa Indian membuat potongan raksasa di dalam bumi hingga ia dan pengikutnya tidak perlu berjalan jauh memutar saat hendak meluruskan masalah di bumi.

Suku Indian Gabrielino, Selatan California

Zaman dahulu kala saat sebagian besar bumi merupakan lautan, Roh Agung (Great Spirit) memutuskan untuk membuat daratan dengan danau dan sungai yang dipanggul oleh kura-kura. suatu hari kura-kura tersebut berselisih paham dan ketiga kura-kura mulai berenang ke arah timur. Sementara tiga yang lain berenang ke arah barat. Bumipun bergetar dan patah dengan mengeluarkan suara yang besar. Kura-kura tidak bisa berenang jauh karena daratan di punggung mereka terlalu berat. Saat mereka sadar tidak bisa berenang jauh, mereka berhenti dan berbaikan. Namun sesekali kura-kura berselisih lagi, dan setiap kali mereka berselisih maka bumipun berguncang.

Masih ada loh mitos-mitos yang lain, sabar ya…tulisan dilanjutkan lain kali,heheh

oiya tulisan ini diambil dari majalah angkasa edisi spesial “tsunami the deadliest wave” 2005

Tag:, , , ,

%d blogger menyukai ini: